Rasakan Semangat Kemerdekaan bersama Alam #Merbabu from Wekas path

landscape from Wekas
landscape with Sumbing and Sindoro Mt. behind
like a painting for sure

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala kejahatan makhluk yang diciptakanNya”

Yuk berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan panjang ini agar selalu terlindung dari segala hal yang tidak diinginkan dan biarlah Allah senantiasa menjaga mata kita, tangan kita, kaki kita, hati kita dan Islam serta iman kita kapanpun dan dimanapun kita berada. Aamiin.

Pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2013 yang lalu, tepatnya hari Jumat dan Sabtu yang bertepatan pula dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, jadilah kami melakukan suatu perjalanan yang sudah kami nantikan cukup lama. Keputusan melakukan perjalanan ini didasarkan pada wacana ketika berkelana di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru bulan Mei-Juni 2013 kemarin. Nah, agenda yang sudah kami rencanakan sejak beberapa bulan yang lalu jatuh pada fun hiking di gunung Merbabu.

Malam itu, pada tanggal 15 Agustus 2013 kami melakukan berbagai persiapan. Oya, kami satu kelompok berjumlah delapan orang, tiga ikhwan dan lima akhwat. Seorang ikhwan ada yang berasal dari Purworejo sehingga dia rela menempuh perjalanan cukup jauh untuk berkumpul di Jogja sebelum berangkat. Pun begitu dengan tim akhwat, ada dua orang yang berasal dari Solo dan Sragen yang pada malam itu menginap di rumah saya. Di rumah seorang ikhwan (basecamp) kami mempersiapkan dan membeli berbagai perbekalan dan perlengkapan untuk menemani perjalanan kami selama dua hari satu malam. Perlengkapan kelompok kami bagi, dua tenda dengan kapasitas untuk enam dan empat orang dibawa oleh ikhwan, begitu juga dengan peralatan memasak. Perbekalan lainnya seperti bahan makanan dibawa oleh tim akhwat. Perlengkapan pribadi dibawa sendiri-sendiri ya 😀

Cuit cuit cuit…. keesokan harinya, jam tangan sudah menunjukkan pukul 07.00 WIB, kami tim akhwat bersiap menanti jemputan tim ikhwan di rumah saya. Oya, ceritanya… Alhamdulillaah sekali ada salah seorang teman yang baik hati, bersedia mengantar kami sampai resort Wekas dengan menggunakan mobilnya. Jadi, bisa lebih irit, lebih safe dan lebih cepat sampai daripada kami naik angkutan umum seperti rencana semula 😀 Alhamdulillaah….

Pukul 09.00 WIB kami berangkat dari Jogja menuju Magelang. Jalanan menuju Magelang terpantau cukup padat sehingga teman saya harus slow memacu kendaraannya. Oke baiklah. Sebelum sampai di resort Wekas, kami menjemput salah seorang teman akhwat kami yang berdomisili di Magelang, dan rumahnya hanya 30 menit dari Wekas.

Pukul 11.15 WIB kami sudah sampai Wekas dan segera mencari masjid untuk persiapan Shalat Jumat bagi yang ikhwan. Lha, rezekinya tim akhwat, sembari menunggui para ikhwan shalat Jumat, kami dipersilakan memasuki salah seorang rumah warga dan kami dijamu dengan hangat dan manisnya air teh dan beberapa camilan khas hari raya Lebaran. Alhamdulillaah, baik hati sekali ibu ini.

Pukul 12.30 WIB kami melanjutkan lagi perjalanan. Kami memilih menyewa mobil pick up untuk mengangkut kami ke basecamp Wekas daripada berjalan kaki. “Ya, kami simpan energi kami untuk mendaki nanti”. That’s an alibi. Hehe :p Sensasi menaiki mobil pick up sayur melewati areal pegunungan, mengingatkan saya ketika menaiki truk dari Tumpang menuju Ranu Pani kala itu. Akan tetapi, lebih ekstrim naik mobil pick up ternyata, lebih deg deg serrr…. Sesampainya di basecamp Wekas, kami beristirahat sejenak, yang akhwat menunaikan shalat Dhuhur dan yang ikhwan mengemas ulang kerir agar nyaman dibawa. Tak lupa kami mengisi perut kami dengan sedikit makanan bakso pentol yang dijual oleh mas-mas bersepeda motor. Alhamdulillaah lumayan menambah energi 😀

a map from Wekas

Pukul 13.30 WIB kami melanjutkan perjalanan. Kali ini tidak menggunakan kendaraan, but this is the real journey to the top! Yeah….

Cuaca hari itu sungguh panas dan matahari bersinar dengan teriknya. Akan tetapi perjalanan kami ditemani oleh hembusan angin yang cukup semilir. Amboiii. Selama perjalanan, kami menemui spot-spot yang cukup menarik seperti dua buah makam dengan bangunan di dekatnya/ di depannya, dan seketika itu berpikir apakah perjalanan ini pertanda semakin dekatnya kita dengan kematian? Allahu’alam….

Pukul 15.30 WIB kami sampai di Pos I dengan ketinggian 1752 mdpl dan kami beristirahat sejenak sambil membuka sedikit perbekalan. Alhamdulillaah.

Pukul 17.30 WIB kami sampai di Pos II di ketinggian 1952 mdpl atau area camping ground dan kami segera mencari posisi yang nyaman untuk mendirikan tenda. Pembagian tugas pun dimulai. Ada yang mendirikan tenda, mengambil air untuk memasak, mempersiapkan bahan dan alat masak, dan mencari kayu untuk membuat api unggun. 1…2…3…. Start and go!

it's cooking and sharing time!
it’s cooking and sharing time!

Pukul 20.00 WIB setelah makan malam usai, kami pun menyalakan api unggun. Di bawah taburan bintang-bintang, di bawah sinar sang rembulan, dan hembusan angin yang menemani dinginnya malam, maka dimulailah cerita itu….

sky with thousand stars

Pukul 21.00 WIB kami bergegas menuju ke dalam tenda untuk beristirahat dan memang malam itu luar biasa dinginnya sehingga saya pun tidak mampu berlama-lama berada di luar.

Pukul 01.00 WIB, hari dan tanggal sudah berganti menjadi Sabtu, 17 Agustus 2013. Kami bersiap untuk melakukan perjalanan malam meski malam itu lebih dingin dari sebelumnya. Belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, persiapan kali ini harus benar-benar matang. Mulai dari persiapan diri pribadi, penerangan, perbekalan, obat-obatan dan lain-lain.

give me sunrise!
the path that called “geger sapi”
sunrise menuju puncak Merbabu
awesome view
PEACE YEAY...
PEACE YEAY…
Flag Ceremony on the top of the Merbabu Mt.
Flag Ceremony on the top of Merbabu Mt.

aaak, i can’t describe my feelings in words…. just look at the pictures and enjoy with me >_<  wanna go there ? I will be back very soon, Insya Allah…