Night of Reunion — from pen to pan

(sudah cukup lama tidak main-main kesini…. ternyata masih ada note yang bersembunyi di draft, hyaaa~)

baiklah, mari kita awali saja dengan Bismillah…. Yaa Rahman Yaa Rahiim

Sekilas cerita…. Sudah satu setengah bulan yang lalu saya meninggalkan rumah demi mengemban tugas dari Univ dan Fakultas, yaitu mengabdi dan melayani masyarakat yang dikemas dalam serangkaian agenda KKN — kuliah kerja nyata di Nanggulan, West Progo. Bentuk pengabdian yang dilakukan kepada masyarakat yaitu melakukan survey mengenai kelayakan tempat tinggal dan keadaan lingkungan di seluruh area Kecamatan Nanggulan (–FYI– ada 6 desa, dan masing” desa rata-rata ada 8 dusun -___- tapi Alhamdulillaah tidak semua rumah kami survey :D). Pencatatan data ini bertujuan untuk melihat seberapa parah keadaan tempat tinggal penduduk yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan “pembedahan rumah” oleh Pemerintah Kabupaten. Bentuk pengabdian yang lain berupa kegiatan yang dapat mengedukasi masyarakat sekitar sesuai dengan ranah dan bidang yang kami miliki. Nah, yang menjadikan KKN kali ini cukup spesial adalah adanya pelayanan yang kami berikan untuk masyarakat yang diwujudkan dalam kegiatan praktik di Puskesmas Nanggulan. Meskipun tema KKN kami tidak secara langsung berbicara tentang kesehatan, tetapi sebagian besar dari kami adalah tenaga-tenaga kesehatan. Oleh karena itu, dari Fakultas Kedokteran memberikan amanah kepada kami untuk membantu kinerja petugas kesehatan di puskesmas tersebut. Wow, menurut saya ini adalah pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga ketika dapat “berkomunikasi” langsung dengan masyarakat, khususnya di pedesaan.

Nah, cerita sebenarnya akan saya mulai sekarang. Sudah semenjak pertengahan tahun lalu (2012) saya mendampingi belajar dua anak putri kelas 2 SMP di salah satu smp Islam swasta di Jogja. Biasanya mereka saya panggil mbak “tentee”. Kedua anak putri ini satu kelas, pun rumah mereka juga tidak begitu berjauhan. Waktu pendampingan belajar disepakati 2 kali pertemuan dalam sepekan dan dilaksanakan setiap ba’da Maghrib selama 60-90 menit (kebiasaan melebihi kuota karena lebih banyak candaan dan bercerita). Kagumnya saya, mereka semua sangat bertalenta, seorang memiliki bakat menyanyi dan public speaking-nya bagus, dan seorang lagi memiliki keahlian memainkan gitar dan dia belajar secara otodidak serta memiliki impian menjadi seorang conductor (setalah nonton Nodame dan suka dengan Chiaki-senpai~). Jadi selama saya mengikuti KKN, agenda pendampingan belajar pun terhenti sejenak. Sebenarnya 45 menit waktu tempuh dari Nanggulan-rumah atau rumah-Nanggulan terbilang cukup dekat 😀 tetapi kadang seram dan cukup berbahaya jika pulang di kala gelapnya malam. Oke, dengan terhentinya kegiatan pendampingan belajar semasa saya KKN, maka saya janjikan kepada mereka dengan satu malam yang spesial sepulang dari KKN. Dan mereka mengatakan ingin belajar memasak takoyaki bersama. Mariii~

takoyaki1

Takoyaki are known as octopus (tako) balls. To make takoyaki, a cast iron or electric takoyaki pan with many half-spherical molds is used.

Ingredients:

  • 1 2/3 cup flour
  • 2 1/2 cup dashi soup
  • 2 eggs
  • 1/2 lb. boiled octopus, cut into bite-size pieces
  • 1/4 cup finely chopped green onion
  • 1/4 cup finely chopped benishoga (pickled red ginger)
  • 1/4 cup dried sakura ebi (red shrimp) *optional
  • *For toppings:
  • katsuobushi (dried bonito flakes)
  • aonori (green seaweed powder)
  • Worcestershire sauce or takoyaki sauce
  • mayonnaise

Preparation:

Mix flour, dashi soup, and eggs in a bowl to make batter. Thickness of the batter should be like potage soup. Preheat a takoyaki pan and grease the molds. Pour batter into the molds to the full. Put octopus, red ginger, green onion, and dried red shrimp in each mold. Grill takoyaki balls, flipping with a pick to make balls. When browned, remove takoyaki from the pan and place on a plate. Put sauce and mayonnaise on top and sprinkle bonito flakes and aonori over.

resep diambil dari sini>takoyaki2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s