Muter-muter Jogja

Mbak, sampean asli Jogja tho? Lha iya, sudah 21 tahun e kira-kira saya berdomisili disini, lha pripun tho? Sampean dah pernah ke alun-alun kidul naik sepeda atau becak hias? Belom. Sampean pernah ke angkringan kopi joss yang di dekat stasiun tugu itu? Belom tuh….haha (percakapan kepada diri sendiri)

orang yang asli daerah tersebut, biasanya malah belum pernah menyambangi objek wisatanya sendiri….

Semalem akhirnya muter-muter Jogja, mampir ke Alun-alun Kidul dan Angkringan Kopi Joss deket Stasiun Tugu. Gag nyangka bisa kesana berkat jadi guide temen mbak sepupu yang silaturrahim ke Jogja 😀 Alhamdulillah, pisan-pisan lah….

Di Alun-alun Kidul, kami mencoba naik becak hias (saya untuk pertama kalinya) dengan kuota 6 orang, 4 orang genjot dan 2 orang leha-leha di depan. Ternyata genjotnya ringan tidak seperti yang awalnya kupikirkan, bakal berat banget….Kemudian dilengkapi dengan pengalaman menerobos dua pohon beringin di tengah Alun-alun, namanya kalau gag salah Matangin. Intinya, harus bisa melintasi dua pohon beringin yang ada di tengah dengan mata tertutup dari tepi Alun-alun (biasanya di tepi depan Sasono Hinggil). Entah apa makna dibalik semua itu, tapi yang jelas jika seseorang itu bisa melewati di antara/di tengah dua pohon beringin, maka ia sukses….sukses lewat maksudnya, hyahahahaha…. :p

Image
di Alun-alun Kidul

Ekspedisi dilanjutkan cari makan, pengennya tamu-tamu makan di angkringan, terpilihlah Angkringan Kopi Joss dekat stasiun Tugu menjadi tujuan (baru pertama kali ini juga, kyaaa~). Seperti di angkringan biasa, menunya masih sama, yaitu ada nasi kucing segala lauk (oseng tempe, sambel teri, sambel tongkol, dll), aneka sate (telur puyuh, kerang, usus, hati ayam, dll), aneka gorengan, dan aneka minuman. Nah, yang khas disini minumannya, yaitu kopi hitam biasa dicemplungin arang yang membara, wuidih, sehat gag ya? Agak aneh memang, tapi unik….makanya orang-orang pada berdatangan kesitu karena kekhasan dan keunikannya tersebut, tapi saya pesennya susu jahe, gag kuat minum kopi. Tempatnya di pinggir jalan, agak gimana gitu, kurang ahsan (baik) jika akhwat malam” disitu, ups, hehe….

Image
Angkringan Kopi Joss
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s