Bulat-bulat namanya Donat :D

Inspirasi itu datang darimana saja, kan? Inspirasi pun datang ketika menulis disini. Tapi sebelumnya, inspirasi itu datang ketika berkunjung ke blog-nya dek Anisah. Mmm, jadi pengen bikin donat juga….mengisi liburan sembari menanti buka puasa, asyik 😀

Ini resep donat yang dulu biasa saya buat, nah, ini merupakan resep donat zaman-zaman ketika salah satu produk donat marak dijual di mall-mall besar. Resep ini dapat dari sini. Yok, kita buat lagi donatnya….

Bahan A :
850 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
11 gr ragi instant
10 gr garam (tidak dipakai, takut keasinan)
600 ml air matang (kalo pake tepung “cakra”, kurangi 75 – 100 ml)

Bahan B :
200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur (1 telur ukuran sedang itu kira2 50gr beratnya)
125 gr mentega putih / shortening

Cara Membuat :
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit di wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B yg telah dicampur (ini lengkeeet), lalu uleni sampai kalis. Lebih kurang 10 menit (waaah capeeek, soalnya lengket banget, huaaa). Istirahatkan di wadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lebih kurang 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

pesan-pesan yang sayang jika dilewatkan dalam pembuatan donat ini:

– gunakan minyak padat dalam menggoreng donat, agar donat tidak banyak menyerap minyak (jika tidak ada minyak padat, dapat digantikan dengan menambahkan mentega putih/shortening ke dalam minyak goreng)

– gunakan tusuk sate/sumpit untuk memutar donat begitu adonan donat dimasukkan ke dalam penggorengan agar hasilnya cukup bulat dan pemanasannya merata

– ini bagian yang paling penting! kalau udah bikin, ane dibagi ya, hehe 😀

varian topping special: coklat-meses, coklat-keju, coklat-kacang, coklat-strawberry jam 😀

siap dijual, eh :p
Advertisements

2 thoughts on “Bulat-bulat namanya Donat :D

  1. JCo!! resep ini ada juga di NCC kan ya? (aku kan kalo nyari2 resep referensinya NCC) haha, tadinya lebih milih resep yang ini mba. tapi, lama banget itu, ndieminnya 90 menit. gak jadi pake resep ini deh 😀

    1. aku lupa dek, ini resep kudapat dua tahun yang lalu, kayaknya asal comot resep orang kemudian dimodifikasi sendiri 😀

      iya, bikin resep ini emang kudu saaabar…hehe, tapi hasilnya InsyaAlloh tidak mengecewakan 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s